Pengertian Screen Printing

  • Screen printing

Cetak sablon adalah suatu jenis pencetakan yang menggunakan metode cetak saring. Oleh karena itu dalam prosesnya cetak sablon memerlukan sebuah media penyaring tinta yang dinamakan kain saring atau screen. Screen adalah sebuah media penyaring tinta keatas bahan cetak sekaligus tempat meletakkan tinta selama proses penyablonan.

Pada masa-masa awal cetak sablon, screen yang digunakan terbuat dari sutra. Namun sayangnya screen sutra ini tidak memiliki dimentional stability yang baik, karena screen sutra tidak tahan terhadap kelembaban udara, suhu, gesekan, dan juga tidak memiliki resistensi terhadap bahan kimia. Selain itu harga screen sutra juga berharga malah, sehingga proses pencetakan tidak efisien.

Karena berbagai kelemahan screen dari sutra maka dilakukanlah usaha untuk menemukan bahan screen sablon yang lebih baik lagi. Screen-screen baru ini terbuat dari karet alam/sintetis, yaitu Nylon, Polyester, dan juga Stainless Steel. Diantara beberapa jenis kainitu, kain yang terbaik adalah kain stainless steel, karena screen ini amat stabil, kuat, tahan gesekan, dan juga tidak menimbulkan arus listrik. Oleh karena itu screen ini cocok untuk penyablonan diatas gelas, keramik, dan benda2 elektronik.
Warna KainSinar (baik dari matahari maupun lampu) dapat memantul pada kain yang berwarna putih selama proses penyinaran (exspose). Pemantulan yang disebut halation ini menyebabkan gambar/stencil menjadi tidak tajam, gambar pun dapat hilang ataupun tidak jelas.
Ukuran Ketebalan KainKetebalan kain saring (screen) yang digunakan dalam penyablonan dapat mempengaruhi banyaknya tinta yang dipindahkan, dan juga berarti dapat mempengaruhi gambar hasil cetak.

1. S (small/thin)Benang-benangnya tipis, cocok untuk pekerjaan halftone dan gambar-gambar artis. Screen ini cepat rusak.
2. M (medium)Benang-benangnya berukuran sedang, cocok untuk pekerjaan halftone dengan pola gambar yang kasar.
3. T (Thick)Benang berukuran tebal dan cocok untuk berbagai macam jenis pekerjaan.
4. HD (Heavy Duty)Benang-benangnya ekstra tebal. Untuk pekerjaan yang menggunakan mesin, mencetak blok yang besar dan pekerjaan kasar atau besar.

Kehalusan Kain (ukuran kain)Makin halus kain yang digunakan (makin banyak hitungannya dalam 1cm), makin tipis tinta yang dipindahkan. Misalkan kain 390T memindahkan tinta lebih tipis daripada kain 150T.
Merentangkan Kain Saring Pada BingkaiBingkai apapun yang akan digunakan sebelum screen-nya dipasang, harus dibersihkan dahulu dan permukaannya dibuat agak kasar, agar kain saring dapat menempel. Screen harus benar-benar ditarik dan kencang. Kain yang keluar akan memberikan berbagai macam masalah, seperti:

  • Stencil tidak mau menempel pada screen.
  • Emulsi tidak mau menempel dengan rata dan sulit dicuci.
  • Silit register pada saat penyablonan.

Giant screen printing machine

screen printing machine

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: